Konsultan Sertifikasi ISO

Konsultan Sertifikasi ISO

Apa Itu Sertifikasi ISO?

Sertifikat Standar ISO adalah bukti jika perusahaan sudah memenuhi standar yang ditetapkan dalam manajemen ISO. Sertifikasi ini akan memberikan kredibilitas bagi perusahaan serta meningkatkan kepercayaan konsumen akan mutu dan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan.

sertifikasi-iso
Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO adalah sistem manajemen untuk mengukur kualitas atau mutu suatu perusahaan. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa kredibilitas perusahaan memiliki sertifikat tersebut mampu bersaing secara global.

Jika sebuah perusahaan memiliki sertifikat ISO (International Organization for Standardization), akan lebih mudah bersaing dalam kompetisi pasar.

Tujuan Penerapan ISO di Perusahaan

Penerapan Sertifikasi ISO di suatu perusahaan berguna untuk :

  • Meningkatkan citra perusahaan dan daya saing.
  • ISO mampu meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan.
  • Mendapatkan kepercayaan dari konsumen/ mitra kerja/ pemodal.
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan.
  • Memeperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act).
  • Meningkatkan penetapan terhadap ketentuan peraturan perundang-undang dalam hal pengelolaan lingkungan.
  • Mengurangi risiko usaha.
  • Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan.
logo-iso-png
Logo ISO

Mengapa Standar itu Penting?

Memiliki standar memberikan kontribusi yang sangat besar dan positif untuk sebagian besar aspek kehidupan kita. Standar memastikan karakteristik dari produk dan layanan seperti : kualitas, ramah lingkungan, keamanan, keandalan, efisiensi, pertukaran, dan dengan biaya ekonomis.

Ketika produk dan jasa memenuhi harapan kita, kita cenderung untuk mengambil ini untuk diberikan dan tidak menyadari peran standar. Ketika produk ternyata berkualitas buruk, tidak cocok, tidak sesuai dengan peralatan yang sudah kita miliki, tidak dapat diandalkan atau berbahaya, maka perlu dibentuk yang namanya standarisasi.

Ketika produk, sistem, mesin dan perangkat bekerja dengan baik dan aman, itu karena produk tersebut memenuhi standar. Dan organisasi yang bertanggung jawab untuk ribuan standar yang bermanfaat di dunia adalah ISO.

Manfaat ISO Bagi Perusahaan

Manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut. Keuntungan memiliki Sertifikasi ISO sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

    Pada perusahaan yang sudah menerapkan ISO dipastikan sudah memenuhi standar, jadi ada kredibilitas dari pelanggan yang dibangun oleh standarisasi internasional ini.


    Yang dimaksud kredibilitas adalah kendali proese dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pelanggan bisa semakin percaya bahwa kepentingannya diutamakan.

  2. Jaminan Atas Kualitas dengan Standar Internasional

    Sebelum perusahaan mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus yang disebut PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini adalah prinsip internasional yang juga ditrerapkan di segala jenis industri. ISO membawa pengaruh bagi perusahaan dan memberikan tanda adanya kinerja di perusahaan menurun ataupun adanya kegagalan pada produk.

  3. Menghemat Biaya

    Adanya standar ISO, perusahaan akan menerapkan sistem manajemen khusus yang bisa membantu mengetahui kinerja bagi perusahaan. Jika ada indikansi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk tersebut.


  4. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

    Pada prinsip manajemen mutu, semua yang ada pada standarisasi ini bisa ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh karyawan . Hal ini dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.


  5. Meningkatkan Image Perusahaan

    Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.


  6. Branding Perusahaan

    ISO juga bermanfaat sebagai sarana branding untuk perusahaan yang menerapkannya. Keuntungan dapat dirasakan langsung oleh perusahaan dari perusahaan ISO adalah meningkatkan image atau brand suatu perusahaan menjadi jauh lebih baik. 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO

Mengapa Penilaian Kesesuaian Itu Penting?

Penilaian Kesesuaian berarti memeriksa bahwa produk, bahan, jasa, sistem, proses atau orang mengukur sampai dengan spesifikasi standar yang relevan atau spesifik. Saat ini, banyak produk membutuhkan pengujian untuk sesuai dengan spesifikasi atau sesuai dengan keselamatan, atau peraturan lain sebelum mereka dapat dijual bebas di pasaran.

Panduan ISO dan Satandar untuk penilaian kesesuaian merupakan sebuah konsensus internasional tentang praktek terbaik. Penggunaan mereka memberikan kontribusi untuk konsistensi penilaian kesesuaian di seluruh dunia dan memfasilitasi perdagangan.

Jenis Macam Serifikasi ISO

 ISO 9001  -> Selengkapnya

Sertifikasi ISO 9001 adalah standar internasional yang paling dasar yaitu standar yang mengatur Quality Management System / Sistem Manajemen Mutu, saat ini hadir dengan versi terbarunya yaitu ISO 9001:2015. Metode pendekatan ISO 9001:2015 menggunakan Pendekatan Proses (Process Approach), Pendekatan Sistem (System Approach) dan juga menggunakan pola Plan-Do-Check Action (PDCA) Continuous Improvment.

 ISO 14001  -> Selengkapnya

Sertifikasi ISO 14001 adalah dalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. Sistem manajemen perusahaan yang berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

 ISO 22000  -> Selengkapnya

Sertifikasi ISO 22000 adalah standar keamanan pangan untuk bisnis dalam rantai makanan global. Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) mengembangkan standar ISO 22000: 2018, Sistem manajemen keamanan pangan – Persyaratan untuk setiap organisasi dalam standar rantai makanan.

 ISO 27001  -> Selengkapnya

Sertifikasi ISO 27001 adalah suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen kemanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). Menerapkan standar ISO 27001 akan membantu organisasi atau perusahaan Anda dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). ISMS merupakan seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi dan untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi.

 ISO 37001 -> Selengkapnya

Sertifikasi ISO 37001 adalah sistem manajemen anti suap yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan program anti-suap. Sistem Manajemen ini menggunakan pendekatan berbasis risiko, ISO 37001 dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang mitra bisnis dan pihak ketiga, dengan memahami dan proaktif mengelola risiko yang akan hadir dari hubungan kerjasama tersebut.

 ISO 45001  -> Selengkapnya

Sertifikasi ISO 45001 adalah standar internasional yang mengatur sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Standar ini dikeluarkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada tahun 2018 dan menggantikan standar sebelumnya, OHSAS 18001.

Tahapan Sertifikasi ISO

Secara Umum Tahapan Sertifikasi ISO sebagai berikut:

  • Audit Awal (Optional)

  • Audit Sertifikasi

  • Penerbitan Sertifikasi

  • Audit Pengawasan Tahunan

  • Sertifikasi Ulang Dalam Waktu Tiga Tahun

Lamanya Proses Audit berjalan ditentukan dari ruang lingkup dan bidang usaha di perusahaan. Proses Audit akan terlaksana dalam 2 stage.

Stage 1 - Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumentasi.
Stage 2 - Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan.

tahap-audit-sertifikasi-iso

Standar Kelulusan Audit Sertifikasi ISO

Organisasi dan perusahaan dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikasi ISO adalah saat tidak ditemukannya yang bersifat fatal atau majour. Yang dimaksud Majour adalah ditemukannya satu sistem yang tidak berjalan atau adanya satu persyaratan ISO yang tidak dijalankan tanpa alasan. Selain dari temuan Majour ada lagi temuan yang biasa di kenal dengan temuan minor dan observasi.

Temuan Minor yakni apabila perusahaan tidak konsisten dalam menjalankan satu sistem atau hanya menerapkan sebagian dari persyaratan dari semestinya. Sementara Temuan Observasi yakni bersifat saran-saran perbaikan dalam implementasi sistem manajemen ISO. Temuan Minor dan Obserbasi bukan salah satu faktor dalam mendapatkan sertifikat ISO, namu hanya memerlukan perbaikan kecil.

Surveillance ISO

Surveillance Sertifikasi ISO adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO.

Surveillance atau Pemantauan Sertifikasi ISO ini memiliki tujuan yaitu untuk menentukan apakah organisasi dan perusahaan masih berhak menyandang sertifikat ISO atau tidak. Dari audit ini bisa dibuktikan, bagaimana komitmen dan peran serta seluruh karyawan perusahaan dalam menjalankan standar ISO.

Hal-hal yang biasa ditanyakan atau dicari auditor pada Audit Surveillance:
Waktu yang dibutuhkan saat audit surveillance (perpanjangan) lebih sedikit daripada audit pertama kali pada proses Sistem Manajemen. Ketika audit perpanjangan, Lead Auditor akan memulai dengan melihat proses kunci organisasi; seperti rapat tinjauan manajemen, audit internal, dan tindakan korektif. Kemudian hanya melihat beberapa proses yang tersisa dalam Sistem Manajemen. Lead Auditor mungkin juga hanya melihat sebagian dari seluruh organisasi, seperti hanya satu dari dua jalur produksi, atau situs tertentu.

Masa berlakunya Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO rata-rata memiliki masa berlaku hingga 3 (tiga) tahun, dengan persyaratan audit survei atau surveillance dilakukan setiap tahun, sebelum dilakukan re-sertifikasi pada tahun ketiga. Setiap proses kunci, seperti management review, audit internal, dan penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan selama satu tahun, ditinjau kembali.

Contoh Sertifikat ISO

ISO Akreditasi Internasional

sertifikasi-isocontoh-sertifikasi-isosertifikat-iso-internasionalcontoh-sertifikasi-isosertifikasi-isoiso

ISO Akreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional)

contoh-iso-akreditasi-kansertifikat-iso-kancontoh-sertifikasi-kan
contoh-sertifikasi-iso-kan

 

Persyaratan Sertifikasi ISO

  • Akta Pendirian Perusahaan dan SK Kemenkumham
  • Akta Perubahan Perusahaan dan SK Kemenkumham
  • NIB , SIUP , SIUJK ( Jika Konstruksi )
  • KOP Perusahaan dan Stempel
  • KTP Direktur dan Komisaris / Pengurus Badan Usaha
  • Compro Perusahaan

Fasilitas ISO

  • Hardcopy Sertifikat 
  • Laporan Audit
  • Copy Sertifikasi Terligalisir
  • Softcopy Sertifikat, Laporan Audit,  Manual Dokument, Logo ISO (Dalam Flashdisk)

Biaya Sertifikasi ISO

Biaya sertifikasi antara satu dengan yang lain, biasanya badan sertifikasi akan melihat usaha yang anda jalani serta melihat besarnya organisasi di tempat anda. Silahkan Hubungi Tim Kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Info Selengkapnya Hubungi Tim Kami

call-center-sertifikasi-smk3

call-center-smk3

Konsultasi ISO Gratis

Kami menawarkan Sertifikasi ISO gratis konsultasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda . Demikianlah informasi mengenai Konsultan ISO, Lembaga Konsultan ISO, Jasa Pengurusan Sertifikat ISO, Badan Sertifikasi ISO.

Email
Website
Instagram
Facebook
Tiktok
: temanizinku@gmail.com
: www.temanizinku.com
: temanizinku_
: temanizinku_
: temanizinku_