ISO 37001 - Sistem Manajemen Anti Penyuapan

ISO 37001:2016 adalah standar internasional mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Standar ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada organisasi bahwa sistem anti penyuapan dengan menetapkan serangkaian langkah-langkah dan kontrol yang berurusan dengan penyuapan, dan juga dimaksudkan untuk mencegah, mengurangi, serta mendeteksi risiko korupsi.

iso-37001

Sertifikasi ISO 37001 ditujukan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada semua perusahaan maupun organisasi tentang sistem anti penyuapan. Perusahaan akan diajarkan tentang cara menetapkan langkah-langka untuk menghindari penyuapan, mencegah serta meminimalkan terjadinya korupsi, serta mendeteksi adanya risiko korupsi dalam perusahaan.

Apa Tujuan dari ISO 37001 ?

ISO 37001 dirancang untuk membantu organisasi dalam menerapkan sistem manajemen anti korupsi dan suap. Standar ini menentukan serangkaian langkah-langkah yang harus ditetapkan oleh organisasi untuk membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani korupsi & suap, dan memberikan bimbingan yang berkaitan dengan pelaksanaannya.

Apa Manfaat Penerapan ISO 37001?

Penerapan sertifikasi ISO 37001 oleh perusahaan bisa menjadi perlindungan untuk mencegah terjadinya suap di organisasi/perusahaan maupun mitra bisnis lainnya. Monitoring secara berkala dan audit internal yang rutin menjadi hal yang wajib dilakukan sebagai bukti komitmen perusahaan terhadap anti suap, disamping audit rutin dari eksternal dengan m?t?d? PDCA ( Plan Do Check Action). Berikut manfaat dari penerapan iso 37001 - Sistem Manajemen Anti Penyuapan :

  1. Memperkuat Sistem Manajemen Perusahaan
    Perusahaan bisa merasakan langsung manfaat ISO 37001 karena adanya peningkatan dalam sistem manajemen organisasi. Perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi anti-suap akan mempunyai kemampuan melakukan mitigasi risiko penyuapan yang lebih baik.

  2. Mematuhi Aturan Perundang-undangan
    Penerapan standar ISO 37001 SMAP ini menunjukkan kepatuhan dari pihak perusahaan terhadap aturan perundang-undangan secara konkret. Standar ini memang tidak menjamin pratik suap akan hilang secara menyeluruh dari perusahaan, namun, penggunaan ISO 37001 berpotensi meminimalkan permasalahan hukum berupa tindakan suap.

  3. Memantau dan Mengelola Risiko Organisasi Serta Jaringan Rantai Pasokan
    Standar ISO 37001 menjadi bentuk partisipasi aktif bagi para pelaku usaha dan berbagai organisasi d?l?m meminimalisir terjadinya kasus suap di Indonesia. Hal ini bisa dilakukan karena penerapan standar ini membuat para pengusaha melakukan pemantauan lebih intens serta pengelolaan risiko yang berkaitan dengan aktivitas suap di d?l?m perusahaan.

    Tidak hanya melakukan pemantauan dan pengelolaan risiko suap secara internal, namun perusahaan dengan sertifikasi ISO 37001 bisa melakukan hal yang berkaitan dengan jaringan rantai pemasoknya. Upaya pemantauan dan pengelolaan risiko ini tidak dilakukan sendiri, tetapi dibarengi dengan kerja sama antar pemangku kepentingan.

  4. Menilai Komitmen Subkontraktor, Agen, dan Pemasok
    Manfaat penerapan standar ISO 37001 juga bisa digunakan untuk menilai dengan tepat bagaimana komitmen dari para mitra, seperti supplier, subkontraktor, ataupun distributor dan agen. Penerapan sistem manajemen anti-suap yang optimal akan membuat perusahaan tidak terganggu jika terjadi masalah pada rantai pasok. Langkah ini menjadikan aktivitas bisnis berjalan lebih baik dan terhindar dari praktik suap.

Siapa yang dapat menggunakan ISO 37001?

ISO 37001 adalah alat yang fleksibel yang dapat digunakan oleh setiap organisasi, besar atau kecil, apakah itu di sektor publik, swasta atau non profit. Hal ini dapat disesuaikan sesuai dengan ukuran dan sifat organisasi dan risiko suap yang dihadapinya.

Sertifikasi ISO 37001 tidak untuk menjamin bahwa di suatu Organisasi tidak akan ada suap, namun kepatuhan terhadap standar ini dapat menunjukkan langkah yang tepat dilakukan oleh sebuah organisasi untuk mencegah penyuapan.

Langkah-langkah penerapan ISO 37001

Serangkaian langkah-langkah penerapan ISO 37001 diantaranya:

  • Kebijakan anti-suap, prosedur, dan pengendalian
  • Kepemimpinan & komitmen dari pimpinan
  • Penunjukan pengawas anti suap
  • Pelatihan anti-suap terhadap semua pihak terkait
  • Melakukan penilaian risiko suap untuk semua aktifitas
  • Pelaporan, monitoring, investigasi dan ulasannya
  • Tindakan korektif dan perbaikan terus-menerus

Proses Sertifikasi ISO 37001

Berikut tahap-tahap proses sertifikasi ISO 37001 :

  1. Analisis Kesenjangan
  2. Kajian Risiko
  3. Penyusunan Dokumen
  4. Implementasi
  5. Pemeriksaan Intern
  6. Persiapan Audit Sertifikasi
  7. Sertifikasi Audit

Baca Juga : 


Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifiaksi ISO. Anda bisa membaca artikel kami disini. Jika Anda dan Perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan pada tim kami.

call-center-sertifikasi-smk3call-center-smk3

Kami menawarkan Sertifikasi ISO gratis konsultasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda . Demikianlah informasi mengenai Konsultan ISO, Lembaga Konsultan ISO, Jasa Pengurusan Sertifikat ISO, Badan Sertifikasi ISO.

email-temanizinku temanizinku@gmail.com
web-temanizinku www.temanizinku.com
instagram-temanizinku temanizinku_
facebook-temanizinku temanizinku_
tik-tok-temanizinku temanizinku_