ISO 14001 - Sistem Manajemen Lingkungan

iso-14001-sistem-manajemen-lingkungan

Pengertian ISO 14001-Sistem Manajemen  Lingkungan

Sertifikasi ISO 14001 adalah dalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. Sistem manajemen perusahaan yang berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

Salah Satu Fungsi ISO 14001 adalah untuk membantu menekankan dampak negatif pada lingkungan akibat aktivitas operasional perusahaan. Dalam hal ini salah satunya adalah dalam penanganan limbah.

Dalam kegiatan operasional perusahaan yang bergerak dalam bidang industri tertentu dapat menimbulkan berbagai macam limbah. Sehingga fungsi ISO 14001 2015 disini adalah untuk mencegah timbulnya pencemaran limbah pada lingkungan sekitar khususnya pemukiman warga.

Standar ISO lingkungan hidup ini telah mengatur bagaimana organisasi melakukan Implementasi ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan terhadap bidang usaha yang dijalankannya. Selain itu penerapan standar ini tidak semata-mata untuk mendapatkan sertifikasi saja.

Tujuan ISO 14001

Pada dasarnya tujuan implementasi ISO lingkungan hidup ini adalah untuk :

  1. Menekan dampak negatif terhadap lingkungan yang mungkin timbul akibat dari kegiatan operasional organisasi.
  2. Mematuhi peraturan perundangan yang berlaku dan ketentuan terkait isu lingkungan.
  3. Melakukan perbaikan aktivitas perusahaan secara berkelanjutan.

Manfaat Sertifikasi ISO 14001

  • Menekan potensi konflik antara pekerja dengan pengusaha dalam penyediaan lingkungan kerja yang layak dan sehat dan meningkatkan produktivitas pekerja melalui efisiensi waktu dan biaya.
  • Mengakomodasi pemenuhan peraturan lingkungan dengan lebih terencana dan terstruktur.
  • Penggunaan sumber daya alam yang lebih bijaksana menuju terciptanya eko-efisiensi.
  • Menjaga citra bisnis industri yang selama ini sering dikaitkan secara negatif dengan pencemaran lingkungan
  • Minimasi pencemaran lingkungan melalui penurunan penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya.
  • Minimasi limbah berbahaya dan dapat mengurangi gangguan sosial yang berasal dari keberadaan industri itu sendiri misalnya, mengurangi kebisingan, polusi air, polusi udara, kemacetan, dan social responsibilty.

Penerapan Sertifikasi ISO 14001

Penerapan ISO 14001 : 2015 menitikberatkan kepada proses industri yang memiliki risiko pencemaran lingkungan hidup disekitar lokasi manufaktur. Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh industri manufatur dalam rangka meminimalisir risiko pencemaran lingkungan dan menerapkan ISO 14001 diperusahaanya, antara lain: proses industri dari hulu sampai dengan hilir, risiko pencemaran apa saja yang dihasilkan dari proses produksi, bagaimana cara mengkalsifikasi limbah yang dihasilkan dari proses produksi, dan fasilitas apa saja yang digunakan untuk mengklasifikasi limbah tersebut.

Selain kegiatan yang bersifat meminimalisir risiko pencemaran lingkungan, tentu saja ada beberapa prosedur, dokumen dan form yang harus dipersiapkan untuk menunjang implementasi ISO 14001, sedangkan beberapa prosedur khusus lainnya juga harus disiapkan seperti prosedur tanggap darurat, ataupun prosedur identifikasi aspek dan bahaya lingkungan hidup.


Info Selengkapnya Hubungi Tim Kami

call-center-sertifikasi-smk3

call-center-smk3


email-temanizinku temanizinku@gmail.com
web-temanizinku www.temanizinku.com
instagram-temanizinku temanizinku_
facebook-temanizinku temanizinku_
tik-tok-temanizinku temanizinku_