Apa Itu Riksa Uji

Banyak industri dan sektor bisnis yang banyak menggunakan peralatan kerja dengan potensi bahaya kecelakaan kerja masing-masing, untuk itu mengantisipasi dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja dilakukan pemeriksaan dan pengujian ( Riksa Uji ).

Apa itu Riksa Uji?

Riksa Uji K3 adalah pemeriksaan dan pengujian peralatan kerja oleh pihak yang ditunjuk oleh pemerintah (dalam hal ini Pemeriksaan Uji PJK3), untuk menciptakan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari Kementerian Tenaga Kerja. Tes Pemeriksaan K3 ini dilakukan secara berkala atau berulang-ulang sesuai jangka waktu tertentu.

apa-itu-riksa-uji-k3Riksa Uji adalah pengujian dan sertifikasi terhadap peralatan alat K3, Temanizinku menyediakan pelayanan untuk menjamin keselamatan operasional terhadap bahaya ledakan, mengkaji potensi resiko, serta pemenuhan terhadap regulasi K3 Kementrian Ketenagakerjaan, edaran KAIT Minerba, jufa mata audit SMK3, SMKP, ISPO & RSPO, ISO 14001 dan OHSAS 18001.

Pada dasarnya RIksa Uji bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan pekerja dan operator serta orang lain yang berada di tempat kerja, karena perkembangan yang semakin meningkat juga harus diimbangi dengan upaya keselamatan kerja yang telah diatur dalam undang-undang nomor 1 tahun 1970.

Oleh karena itu, dalam rangka peningkatan perlindungan pada tenaga kerja dan pelaksanaan keselamatan teknis di tempat kerja khususnya di bidang pengujian alat dan teknik kerja, maka perlu dilakukan pengujian pemeriksaan terhadap peralatan kerja. Pengecekan harus dilakukan terhadap alat yang belum digunakan atau sudah berjalan dan secara berkala minimal 1 tahun sekali.

Manfaat Riksa Uji di Perusahaan

  • Sebagai bukti komitmen telah menjalankan K3 di perusahaan

  • Meningkatkan citra perusahaan karena sudah bersertifikasi dalam peralatan yang digunakan

  • Mencegah dan mengurangi bahkan menghilangkan resiko kecelakaan kerja ( zero accident )

  • Mencegah terjadinya cacat/kematian pada tenaga kerja

  • Mencegah terjadinya kerusakan pada tempat dan peralatan kerja

  • Mencegah pencemaran lingkungan dan masyarakat di sekitar tempat kerja

  • Menciptakan dan memelihara derajat kesehatan kerja

Perbedaan Pemeriksaan dengan Pengujian

Pemeriksaan adalah kegiatan mengamati, menganalisis, membandingkan, dan mengevaluasi kondisi Lingkungan Kerja untuk memastikan terpenuhinya persyaratan sesuai dengan aturan.
Pengujian adalah kegiatan menguji dan mengukur kondisi Lingkungan Kerja yang bersumber dari alat.

Dasar Hukum Dilakukan Riksa Uji

Upaya untuk menjaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 tertera pada undang - undang nomor 01 tahun 1970 tentang keselamatan kerja adalah undang-undang yang mengatur tentang keselamatan kerja dalam segala tempat kerja, baik darat, di dalam  tanah, di permukaan air laut, di dalam air maupun di udara, yang berada di dalam wilayah kekuasaan hukum republik indonesia. Dimana pengawasan tersebut terhadap orang, mesinm material dan metode yang mencakup lingkungan kerja agar pekerja tidak mengalami cidera. Program keselamatan dan kesehatan kerja (k3) adalah suatu sistem yang dibuat bagi pekerja sebagai upaya pencegahan timbulnya kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja dalam lingkungan kerja serta tidakan antisipatif bila terjadi hal demikian.

Ruang Lingkup Riksa Uji

Ruang lingkup riksa uji temanizinku menjadi sejumlah kategori, yakni:

  1. Pemeriksaan dan Pengujian yang dilakukan pada saat proses pembuatan peralatan;
  2. Pemeriksaan dan Pengujian yang dilakukan pertama kali pada saat dalam tahapan pemakaian dan penggunaan;
  3. Pemeriksaan dan Pengujian yang dilakukan pertama kali pada saat peralatan baru dipasang atau setelah dipasang;
  4. Pemeriksaan dan Pengujian dengan cara Tidak Merusak / Non Destructive Test (NDT);
  5. Pengujian Beban Peralatan Angkat Angkut;
  6. Penyusunan Laporan Akhir Kegiatan Pemeriksaan dan Pengujian termasuk kesimpulan dan saran hasil pemeriksaan dan Pengujian;
  7. Penerbitan Serifikat Hasil Riksa Uji dari PJK3; dan
  8. Penerbitan Surat Keterangan Hasil Riksa Uji dari Pengawas / Kepala UPT Pengawas Ketenagakerjaan setempat dalam jangka waktu lebih kurang 1 (satu) bulan.

layanan-riksa-uji-k3

Bidang Layanan Riksa Uji

  • Riksa uji elevator, eskalator & lift
  • Riksa uji instalasi listrik & petir
  • Riksa uji pesawat angkat & angkut (PAA)
  • Riksa uji proteksi kebakaran
  • Riksa uji pesawat tenaga produksi (PTP)
  • Riksa uji pesawat uap bejana tekan (PUBT)

 

Info Selengkapnya Hubungi

Contact Center Layanan Temanizinku

 

Temanizinku mempunyai layanan Perizinan Perusahaan serta bidang konsultan SMK3, ISO, SLF, HKI, layanan Laporan Akuntan Publik (Kemenkeu & OJK), Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) dan SKK - Sertifikat Kompetensi Kerja (SKA & SKT)

Email
Website
Instagram
Facebook
Tiktok
: temanizinku@gmail.com
: www.temanizinku.com
: temanizinku_
: temanizinku_
: temanizinku_